Find Good Friends, Be a Good Friend

        salah satu untuk bisa berada di the road to glory (jalan menuju kemenangan, kedamaian,masa depan yang cerah) dan tidak terlempar di the road to disgrace (jalan menuju kegagalan, aib,penderitaan) adalah dengan menjadi  seorang teman yang baik dan memilih teman- teman yang baik. bagaimana caranya?hal- hal berikut ini bisa kamu jadikan acuan!pada dasarnya seorang teman yang bisa memenuhi sebagaian besar dari kriteria di bawah ini. so jadilah dan carilah tipe teman yang :

1.       Always be there
ia selalu ada buat temannya saat temannya butuh dia, bukan Cuma saat dia butuh sesuatu dari mereka. Temen yang baik nggak akan menghubungi teman hanya pada saat butuh bantuan, but ia juga focus pada apa yang temennya alami. ia peduli, apakah sekarang ia lagi happy ? atau butuh nasihat? dan lain-lain. ia selalu ada buat mendukungnya!

2.       Contact first
temen yang baik selalu berusaha buat menghubungi temannya terlebih dulu. ia nggak gengsi atau bahkan itung-itungan, wah, kemarin aku kuq yang mulai sms dia dulu, jadi nggak bgt deh kalo sampe aku lagi yang sms duluan.

3.       no gossip
temen yang baik nggak akn ngomongin orang yang akn di anggap temen, karena ngomongin temen sendiri adalah hal terburuk yang bisa seseorang lakukan. so, jangan pernah sekali-kali ngomongin temanmu di belakangnya. good friend is not backstabber.

4.       happy for him/her
mungkin kedengaran konyol, tapi ada juga loh orang yang ngak suka seneng temennya lagi mengalami keberhasilan. Well, moga aja kita ngga seperti itu. a good friend adalah seseorang yang bisa dengan tulus turut seneng saat temannya lagi seneng.

5.       pray for friend
well, ini adalah hal yang terpenting banget. berdoa buat seorang temen adalah tanda bahwa seorang peduli dengan temennya. teman yang baik akan mendoakan temennya. ia akan mendoakan apa yang menjadi kebutuhan temen.

6.       have fun
seorang temen yang baik adalah seseorang yang bisa diajak buat bersenang – senang , bahkan tekadang gila (namun tetep dalam batasan – batasan yg wajar). senang – senang di sini tentunya bukan hal- hal yang mendukakan hati Tuhan.

7.       be yourself
temen yang baik itu nggak pake topeng. ia bertindak dan berbicara seperti sebagaimana dirinya. ia tampil apa adanya. nggak bersandiwara.
8.       generously give compliment
memuji orang lain kadang bisa jadi sesuatu yang sulit banget dilakukan, tapi ini nggak berlaku dalam pribadi seorang temen yang baik. kalo kamu ingin jadi temen yang baik dan mendapatkan teman yang baik, kamu nggak akan sungkan untuk sering- sering memuji temenmu . kalo ia memeng pantes dapat pujian , why not !

9.       happily/ accept compliment
sebaliknya,seseorang temen yang baik , saat dipuji, akan menerima pujian dari temennya dengan antusias. ia akan menujukkan bahwa pujian dari temennya itu berarti banget buat dirinya.

10.   honest
orang yang nggak jujur nggak akn pernah bisa jadi seorang temen yang baik. so tepati janjimu, lakukan apa yang kamu bilang pengen kamu lakukan end yang paling penting , jangan pernah berbohong! good friendhip is based on trust!

11.   loyal
temen yang  baik adalah temen yang setia . kalau temenmu bercerita kepadamu tentang suatu rahasia, maka kamu juga akan pernah menceritakan itu sama orang lain. ia juga ngga akan percaya berita buruk tentang temennya sampai ia menginformasikan sendiri dengan yang bersangkutan

12.   watch out for your friend
temen yang baik akan menjaga temennya dari melakukan sesuatu yang buruk. saat ia tahu temennya sudah kebiasaan dalam bergaul dengan cowok, misalnya , maka ia akan menegurnya.

13.   give advice, add perspective
temen yang baik nggak pernah menghakimi sahabatnya, tapi dia member nasihat soal masalah yang sedang sahabatnya alami . ia akan mengatakan kepada sahabatnya bagaimana dan apa yang akan ia lakuin kalo ia ada di posisinya.

14.   give space
seorang temen yang baik akan paham kalau dia memang lagi butuh waktu buat sendiri atau pergi dengan temanya yang lain. ia ngga akan merasa bahwa temennya mencampakkannya. persahabatannya kan bukan berarti kalian harus berduaan terus , ya kan ?!

15.   listen
temen yang baik adalah pendengar yang baik. kamu mungkin nggak akan selalu setuju dengan apa yang temenmu katakana, tapi yunjukkuan bahwa kamu kamu bener – bener memperhatikan apa yang ia katakana. jangan memonopoli pembicaraan.

16.   share
good friend ngga akan pernah enggan berbagi barang miliknya dengan sahabatnya, ia ngga akan pelit , justru sebaliknya, ia akan murah hati

17.   apologize and forgive easily
temen yang baik itu selalu saja mudah memeafkan saat temennya berbuat kesalahan dan ngga gensi buat langsung minta maaf saat ia sadar telah berbuat kesalahan.

18.   apply the golden rule
seseorang akan jadi temen yang baik saat ia bisa nerapin hokum emas dalam persahabatannya. selalulah perlakuan seorang temen seperti bagaimana kamu pengen diperlakukan !

by : Villa Dvill Staw or @villayoona ... Avila Aviani

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Sarannya ya...

Agar kami para ADMIN dapat lebih mengembangkan blog ini....